Detail Berita

MAN Kalibeber Kedatangan English Native Speaker dari Australia

07 September 2017 Diposting oleh: Administrator Ketegori : Pendidikan Di baca : 2662 kali

MAN Kalibeber - Selasa, 22 Agustus 2017 Lisa Woodword, seorang English Native Speaker (penutur alsi bahasa Inggris) mengunjungi MAN Kalibeber. Kunjungan dilakukan dalam rangka pengumpulan data untuk penelitian yang sedang dikerjakan. Ia seorang Mahasiswa S3 di Murdock University, Perth, Australia, merupakan salah seorang peneliti yang tergabung dalam Kerjasama Penelitian 3 negara yaitu Autralia, Indonesia dan Jepang.

Penelitiannya mengusung tema Poverty (kemiskinan), yang tersebar di banyak daerang di Indonesia seperti Bali, Sumatra, dan klimantan Sulawesi. Sedangkan daerah yang menjadi fokus penelitiannya adalah Dieng, Wonosobo dan Sleman Yogyakarta. Selain itu, ia adalah seorang pengajar bahasa Indonesia di Australia. Dalam rangka mengumpulkan data tersebut, ia menyempatkan untuk mengadakan sebuah dialog dengan peserta didik MAN Kalibeber atas permintaan pihak madrasah.

Hal ini diharapkan dapat menjadi sarana meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris peserta didik MAN Kalibeber. Dialog yang dilaksanakan di Masjid Umar Bin Khatab MAN Kalibeber ini, diikuti oleh peserta didik dari kelas X MIA 6, XI MIA 6, XII MIA 6 serta para peserta Ekstrakulikuler bahasa Inggris MAN Kalibeber. Dialog yang berlangsung dari pukul 09.30 sampai dengan 10.30 itu diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta dialog.

Para peserta didik mampu memanfaatkan momen berharga ini untuk menggunakan bahasa Inggris yang sudah mereka kuasai. Dari hasil dialog dapat diketahui bahwa selain untuk mengumpulkan data, Ms. Lisa mengunjungi MAN Kalibeber karena sebuah alasan lain. Ia tertarik karena seorang narasumber yang ia temui di Dieng bercita-cita untuk melanjutkan sekolahnya di MAN Kalibeber dan membuat ia ingin melihat langsung keadaan madrasah.

Ia juga bisa memberi motivasi yang sangat besar kepada para peserta didik untuk terus belajar bahasa Inggris. Disamping itu, Ms.Lisa juga mampu menjawab dengan baik pertanyaan dari para peserta didik seputar kepariwisataan dan sistem pendidikan yang ada di Indonesia dan Australia. Ia memberikan motivasi kepada para peserta didik bahwa mereka bisa memanfaatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka dengan menjadi tour guide. Ia memberikan wawasan tentang sistem pendidikan di Australia yang hampir sama dengan Indonesia.

“Di sekolah-sekolah di Australia mereka juga belajar Matematika, IPA, IPS, Seni dan Olahraga. Satu hal yang berbeda dengan Indonesia adalah bahwa di Australia memang tidak ada pendidikan agama seperti di Indonesia. Jika mereka ingin belajar agama maka mereka harus masuk ke sekolah agama. Akan tetapi secara umum sekolah mereka juga terdiri dari SD, SMP dan SMA.” Tutur Ms. Lisa. Kemudian, ia menyampaikan tentang betapa uniknya Indonesia sehingga ia selalu menemui hal baru setiap hari. Ia juga mengatakan bahwa masyarakat Indonesia, terutama di Jawa adalah masyarakat yang “Bahagia”, mereka selalu senang dan melemparkan senyum kepada sesama. Bahkan ketika harus terhimpit masalah Ekonomi mereka mampu bangkit dan tetap semangat.

Ia juga tertarik dengan tabiat orang jawa yang menggunakan “Basa basi” ketika hendak menyampaikan sesuatu. Kegiatan dialog ini harus berakhir karena keterbatasan waktu. Meskipun masih banyak pertanyaan yang sebenarnya ingin para peserta didik tanyakan. Kegiatan tersebut diharapkan dapat dilaksanakan lebih sering lagi, sehingga para peserta didik mendapatkan kesemoatan untuk terus meningkatkan kemampuan berkomunikasi mereka dalam bahasa Inggris dan diharapkan tidak hanya English native speaker tetapi j uga ada dari bahasa lain seperti Bahasa Arab yang juga menjadi bahasa dunia. []

Berita Terkait

Sebar 15 Ekor Kambing Qurban MPK Menggelar Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIMAKA Debat Kandidat Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIMAKA Disambut Positif MAN Kalibeber Beri 80 Beasiswa Siswa Berprestasi MAN KALIBEBER SIAP MELAKSANAKAN UNBK

5 Komentar

pdf | 12 Oktober 2017 - 17:46:05 WIB
I m sorry I brought a date. She clamped my finger between her cheeks and let out a cry of
pleasure while I could feel tremors within her pussy and a sudden increased flow of lubrication.
suffolk business stars on facebook | 13 Oktober 2017 - 21:27:18 WIB
What's up to all, for the reason that I am actually eager of reading this web site's post to be updated regularly.
It includes fastidious stuff.
性,性感 | 13 Oktober 2017 - 22:02:36 WIB
Yes! Finally someone writes about 性,性感.
handsonproductions.tv | 15 Oktober 2017 - 22:35:52 WIB
I think this is one of the most important info for me.
And i'm glad reading your article. But wanna remark on some general
things, The site style is wonderful, the articles is really nice :
D. Good job, cheers
fifa 18 coins | 20 Oktober 2017 - 13:00:51 WIB
Your method of describing the whole thing in this piece of writing is
actually good, every one can effortlessly be aware of it, Thanks a lot.

Isi Komentar